-->

Penyakit Ikan Lou Han dan Cara Mengatasinya

Penyakit Ikan Lou Han dan Cara Mengatasinya
IKAN HIAS POPULER-- Seperti kita bahas sebelumnya, bahwa ikan Ikan Lo Han merupakan asli ikan dari Thailand. Jadi jika dipelihara di Indonesia pasti sering mengalami masalah. Selain karena masalah cuaca jiga karena memang ada penyakit tertentu yang sering menyerang.

Ikan Lo Han biasanya terserang penyakit karena kolam tidak bersih, makan tidak cocok, suhu air tidak pas dan beberapa penyebab lainnya. Dalam artikel ini saya akan membahas mengenai penyakit yang sering menyerang Ikan Louhan dan cara mengatasinya. Jadi jika anda berminat untuk memelihara Ikan Louhan, anda bisa mengobati sendiri. Berikut ulasanya.

1. Jamur
Dalam upaya mengatasi penyakit jamur ada beberapa cara yang perlu diperhatikan seperti misalnya Menguras akuarium dengan teratur memang merupakan kewajiban bagi kita selaku pemilik ikan hias apapun itu jenisnya, dan pergantian air secara rutin juga merupakan kebutuhan pokok bagi ikan yang mempunyai siklus hidup di air, setidaknya menguras akuarium seminggu sekali. Selain itu bisa juga dilakukan dengan pemberian garam pada ikan. Hal ini dimaksutkan untuk mencegah sekaligus membunuh berkembangnya jamur, karena garam bersifat panas terhadap bakteri ataupun jamur. oleh sebab itu pemberian garam ikan sangat dianjurkan dengan takaran 1 sendok makan tiap 10 liter air. 

Tak hanya itu dapat juga dilakukan dengan memberi Heater di setiap akuarium louhan kesayangan kita merupakan sebuah kewajiban seharusnya, karena fungsi heater disini juga salah satu langkah mencegah bertumbuhnya jamur karena suhu air yang hangat dan stabil bisa membunuh pertumbuhan jamur. Pencegahan pun dapat dilakukan dengan penggunaan obat dalam perawatan hariannya, tetapi dosis tentu tidak sama dengan jika ikan sudah terserang penyakit, karena pemberian obat disini hanya salah satu langkah antisipasi saja, kita dapat menambahkan methyline blue, acriflavine, pomate dan msh banyak lagi. Dengan dosis masing masing, sudah tertera di tiap bungkus nya karena antara obat satu dan lainnya berbeda takaran. 

2. Busuk Mulut dan Kembung
Penyakit ini biasanya ditandai dengan perut membengkak dan berwarna merah, kemungkinan louhan terkena penyakit busuk mulut. Penyakit ini dapat timbul karena pakan yang tidak higenis. Selain menyebabkan kembung merah, pakan yang tidak higenis dapat menyebabkan busuk mulut. Kedua penyakit tersebut dapat disembuhkan dengan cara pemberian obat antibiotik, antiparasit, dan antijamur.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara menerapi ikan selama 7 hari dalam air larutan obat antibiotik, antiparasit, dan antijamur. Selama masa terapi louhan tidak diberi makan (dipuasakan). Selain cara tersebut, louhan juga dapt diterapi dengan menggunakan air hangat dan garam ikan selama 3 hari (juga dipuasakan).

3. Luka alias Cacat
Penyakit ini biasanya timbulkarena perkelahian alias berantam karena stres akibat air jelek atau kotor sehingga ikan luka atau bahakan cacat. Untuk mengatasi penyakit ini bisa disembukan dengan mengisolasi louhan dalam akuarium khusus dan mengobati luka dengan menggunakan antibiotik. Selama dalam perawatan, louhan diberi pakan yang bergizi agar cepat sembuh.

4. White Spot
Penyakit ini bisa dikenal dengan cara terlihat bintik putih pada sisik louhan. Biasanya penyakit ini terjadi karena jamur yang sudah berlebihan. White spot merupakan penyakit yang sulit disembuhkan. Oleh karena itu, sebelum louhan terkena white spot, sebaiknya kualitas air yang dipakai selalu dijaga. Pemberian garam ikan ke dalam akuarium juga membantu mencagah munculnya white spot.

5. Mulut Bisulan
Penyakit ini ditandai dengan bengkak merah pada mulutnya. Mulut bisulan dapat terjadi karena serangan Crustaceae (sejenis udang), luka infeksi akibat perkelahian, bakteri atau jamur, dan pakan yang tidak cocok. Multu bisulan dapat disembuhkan dengan cara mengisolasi louhan dalam akuarium khusus. Mulut louhan yang bisulan diberi antibiotik. Selama dalam perawatan, puasakan louhan selama 2-3 hari. Setelah itu berikan pakan yang bergizi.

6. Stres
Penyakit ini ditandai warna tubuh louhan tiba-tiba memudar, timbul belang hitam, jenong kempes, dan tingkah lakunya pasif, kemungkinan besar louhan tersebut mengalami stres. Louhan dapat mengalami stres karena berbagai hal. Misalnya penempatan akuarium yang salah, pakan yang buruk, takut terhadap musuh, atau sorot lampu dan warna baju. Cara mengatasinya dapat dilakukan dengan meletakkan akuarium 80 cm di atas lantai, louhan diberi pakan yang sesuai, dipisahkan dari ikan lain, dan dibiasakan menghadapi berbagai macam keadaan agar tidak mudah kaget.

Nah demikian beberapa penyakit dari ikan Lou Han dan cara mengatasinya. Jangan lupa baca juga artikel lainya tentang Ikan Lou Han yakni Cara Budidaya Ikan Louhan. Sekian dan terimah kasih semoga bermanfaat.

0 Response to "Penyakit Ikan Lou Han dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel