-->

Jenis Jenis Lou Han

Jenis Jenis Lou Han
IKAN HIAS POPULER-- Setelah kita membahas tentang Budidaya dan Habitat Ikan Lou Han. Sekarang kita masuk kejenis-jenis Ikan Lou Han yang paling populer di Indonesia. Sebenarnya ikan Lou Han sangat banyak namun disini saya hanya membahas sedikit. Selain karena sumber yang belum banyak juga karena kurang diminati oleh masyarakat. Jadi saya hanya membahas beberapa jenis saja.

1. Ikan Louhan Super Red Synspillum
Louhan Super Red Synspillum juag merupakan penghuni bangsa Thailand. Jenis ikan ini memiliki warna merah bata dan sedikit orange. Untuk mengetahui jenis ikan ini, kamu bisa melihat, siripnya kaku dan lebar, jenongnya waterhead, tidak memiliki marking di kepalanya dan warna matanya yang merah atau kuning.

2. Ikan Louhan Strom
Nah kalau yang satu ini merupakan ikan louhan yang masih perawan alias baru. Ikan Louhan Strom juga berasal dari bangsa Thailand. Belum ada informasih pasti terkait ikan ini namaun jika dilihat secara kasat mata Ikan Louhan Strom memiliki mutiaranya besar-besar dan marking horizontal.


3. Ikan Louhan Cencu
Cencu memiliki ciri bintik-bintik kecil seperti mutiara di seluruh tubuhnya sehingga ikan ini dikenal juga dengan Louhan Cencu Mutiara. Cencu dibagi menjadi dua tipe yaitu klasik dan modern.
                        



1. Klasik
Ikan louhan cencu klasik mempunyai warna merah cerah dan warna merahnya lebih dominan. Mutiaranya lebih sedikit jika dibandingkan dengan ikan louhan cencu modern. Memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan dengan ikan louhan cencu modern. Namun, jenong kepalanya lebih kecil daripada ikan louhan cencu modern. 

Jenis klasik mempunyai warna lebih terang dan memiliki warna cerah. Ikan ini lebih besar dari pada jenis klasik dan memiliki badan yang bulat. 

2. Modern
Sedangkan, ikan louhan cencu modern memiliki mutiara jauh lebih banyak, bahkan bintik-bintik seperti mutiara itu muncul hingga di bagian kepala dan pipinya. Jenis modern mempunyai banyak mutiara yang ada di badannya. Ciri ikan ini mempunyai jenong yang sangat menonjol dikenal juga dengan jenis watehaed . Jenong ikan ini mengandung air.

Sehingga, jika kita perhatikan antara kedua tipe ikan louhan cencu tersebut, tipe ikan louhan cencu modern jauh lebih indah. Ikan louhan cencu modern juga memiliki jenong yang lebih besar dari klasik. Bahkan, jenong yang terdapat pada ikan louhan modern ini sudah terlihat saat laouhan masih kecil. Meskipun hanya sebatas waterhead.

4. Ikan Louhan Golden Red
Golden red berasal dari Thailand. Ikan yang biasa disebut juga ikan louhan golden trimaculatus ini mempunyai perpaduan warna merah dan kuning. Perpaduan warna tersebut tidak akan tampak ketika louhan golden red ini masih kecil. Bahkan ketika masih kecil, ikan jenis ini sangat mirip dengan louhan cencu.  

Untuk bisa memperoleh perpaduan warna merah dan kuning yang indah, louhan golden red akan bermutasi terlebih dahulu. Mutasi yang dimaksud adalah perubahan sisik pada ikan. Proses mutasi mempunyai beberapa tahap yaitu sisik dari warna biasa (seperti warna louhan pada umumnya saat kecil) menjadi warna hitam arang. Kemudian warna ini akan berubah ke warna terakhir yaitu perpaduan warna merah dan kuning.

5. Ikan Louhan Super Red Texas
Sama dengan Golden Red, super red texas juga berasal dari Thailand. jenis ikan ini merupakan hasil dari persilangan antara ikan texas chiclid yang berwarna abu-abu dengan ikan louhan golden red atau jenis red lainnya. Sehingga dihasilkan ikan louhan super red texas yang indah.


6. Ikan Louhan Kamfa
Louhan golden flower (nama Lain Louhan Kamfa) termasuk dalam ikan louhan yang populer dikalangan para pecinta ikan hias hingga saat ini. Ikan louhan kamfa sangat mudah dikenali yaitu mempunyai sirip yang lebar dan lebih kaku jika dibandingkan dengan ikan louhan jenis lainnya. Bahkan, sirip bagian atas anakan ikan louhan sudah terlihat lebih besar dari sirip anakan louhan lainnya. 

Namun, ikan louhan kamfa ini tidak mempunyai marking di badan atau di kepalanya. Jika terdapat ikan louhan kamfa yang mempunyai marking, berarti kemungkinan besar ikan louhan tersebut hasil dari perkawinan silang dengan jenis lainnya.

7. Ikan Louhan Rainbow King
Louhan rainbow king sedikit berbeda dengan Louhan lainnya karena ikan ini memiliki marking. Jenis ikan ini memiliki marking horisontal, badan kotak, dan perpaduan warna merah dan kuning, ada juga yang memiliki warna biru. Perpaduan tersebut menjadikan jenis ikan ini terlihat sangat indah. Tidak heran kalau ikan louhan rainbow king ini merajai kontes louhan internasional. Karena hal tersebut, tidak sedikit pedagang yang menjual louhan kamfa, tapi menyebutnya louhan rainbow king. Jika ingin membeli sebaiknya anda harus lebih memahami cirinya terlebih dahulu.

0 Response to "Jenis Jenis Lou Han"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel