-->

Habitat Dan Penyebaran Ikan Koi

Habitat Dan Penyebaran Ikan Koi
IKAN HIAS POPULER-- Bagi teman-teman yang gemar melakukan usaha budidaya ikan Koi sebaiknya anda harus mengetahui Habitat Dan Penyebaran ikan Koi dalam artian Tingkah Laku, Kebiasaan Pakan dan Kualitas air. Sebab proses pembesaran iakn koi sangat berpengaruh pada kesuksesan usaha anda.

Dalam proses pembesaran bibit iakan Koi sangat ditentukan oleh kualitas dan kuantitas pakan yang diberikan. Pakan sendiri dibedakan menjadi pakan alami dan pakan buatan. Pakan alami bisa berupa plankton, tumbuhan maupun hewan air yang terdapat dikolam. Baca juga jenis tanaman hidroponik.

Sedangkan pakan buatan misalnya berupa pelet (Susanto, 2002). Selain pakan alami pakan buatan juga perlu diberikan dengan catatan kualitas dan kuantitasnya harus disesuaikan. Alasan diberikannya pakan buatan ini selain agar cepat besar juga untuk menjaga dan meningkatkan kualitas warna ikan (Agus et aI, 2002 ).

Koi bersifat omnivora atau pemakan segala jenis pakan. Karena itu, koi dapat diberi berbagai macam pakan, seperti roti, ikan, udang, kerang-kerangan atau tumbuhan. Pakan alami ini berasal dari tumbuhan dan hewan. 

Pakan ini diberikan dalam bentuk tepung, merupakan hasil ekstraksi dari pakan buatan dan paka alami. Fungsi pemberian pakan alami adalah untuk mencerahkan, mempertajam atau memperjelas, dan menambah kecemerlangan warna koi. (Bachtiar. 2002).

Ikan Koi biasa hidup pada temperatur 8 °c - 30°C. Oleh karenanya koi bisa dipelihara di seluruh Indonesia, mulai dari perairan pantai sampai hingga daerah pegunungan. Koi tidak tahan mengalami goncangan suhu drastis. Penurunan suhu hingga 5 °c dalam tempo singkat sudah bisa menyebabkannya kelabakan. Jika tubuh di selimuti lapisan putih, hingga 7°C. Koi asli merupakan ikan air tawar, tapi masih bertahan hidup pada air yang agak asin. Sekitar (l0 %0) kandungan garam dalam air masih bisa untuk hidup koi. 

Sedangkan untuk pakan utama anak koi pertama kali adalah udang-udang renik seperti daphnia. Sejalan dengan pertumbuhan badannya mereka lantas bisa memakan serangga air, jentik-jentuk nyamuk, atau lumut-Iumut yang menempel pada tanaman sebagai hewan yang tergolong omnivora
Jantan koi akan matang kelamin ketika umumya mencapai 2 tahun, sedangkan betina berumur 1 tahun lebih lambat yaitu ketika berumur 3 tahun. 

Mereka akan memijah setahun sekali. Musim kawinnya pada bulan April hingga Juni. Berbeda dengan daerah yang mengalami empat musim, seperti Jepang, dikabarkan koi kawin setahun sekali. Di Indonesia yang hanya terdiri dari dua musim, koi bisa berpijah sepanjang tahun. Pertumbuhan ikan koi tergantung pada suhu air, pakan dan jenis kelamin. Tidak ada binatang lain yang mempunyai pertumbuhan tidak teratur (seragam) seperti koi. Dalam tempo setengah tahun koi tumbuh sangat cepat. (Anonymous A, 2004)

Habitat Dan Penyebaran Ikan Koi
Delapan puluh persen masalah yang dihadapi penangkar ikan koi adalah kualitas air. Penurunan kualitas air karena sampah, kotoran, sisa pakan yang tidak termakan dan penyebaran algae yang terlampau padat bias membawa persoalan serius bagi ikan, misalnya warna menjadi pucat, keracunan atau kekurangan oksigen dan bias menjadi penyebab berkembangnya berbagai penyakit pada koi.
Semua jenis ikan termasuk koi adalah hewan yang berdarah dingin. 

Jadi suhu yang ideal untuk koi adalah 25-30 0 C. air yang bagus untuk koi derajat keasaman airnya rendah (agak basa), ber pH antara 7,2-7,4. sementara itu nilai kesadahan yang toleran terhadap koi antara 5-7 ppm. Kecerahan kolam yang baik adalah sekitar 45 cm. untuk koi yang hidupnya di perairan yang mengalir maka debit airnya agak deras yaitu 1-4 liter/det/m2 dengan padat tebar untuk ukuran benih 25.000 ekor/m2 atau debit airnya deras yaitu 5 – 10 liter/det/m2 dengan padat tebar 100 – 200 ekor/m2 untuk ukuran 1 ekor sama dengan 100 gram. (Anonymous B, 2004)
Untuk menjaga kebersihan air kolam, maka air yang masuk harus disaring terlebih dahulu dalam bak filter, sedang untuk menambah oksigen yang terlarut, air yang masuk kekolam dialirkan terlebih dahulu melalui parit

0 Response to "Habitat Dan Penyebaran Ikan Koi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel