-->

Budidaya Ikan Lou Han

Budidaya Ikan Lou Han
IKAN HIAS POPULER-- Setelah kita membahas Habitat Ikan Lou Han, Kini kita masuk ke cara budidaya Ikan Lou han. Hal ini dimaksudkan agar teman-teman yang ingin membuat bisnis tentang Ikan Lou han bisa dengan mudah dalam tahap pemeliharaan. 

Karena Ikan Loun Han merupakan ikan yang sensitip dengan lingkungan karena ikan ini sebenarnya hanya hidup di tempat-tempat tertentu seperti Malaysia dan Taiwan. Tetapi dengan minat para pecinta Ikan Hias semuanya dapat diakali agar ikan favorite mereka bisa hidup.

Untuk mempersingkat waktu langsung ajah kita membahas bagaimana cara memelihara atau Budidaya Ikan Lou Han. Yang pertama:

1. Tempat
Tempat memang selalu menjadi bahan utama dalam budidaya ikan karenan tampa tempat mustahil anda dapat bermimpi untuk melakukan pertenakan (budidaya Ikan Lou Han). Dalam menetukan tempat biasanya tidak boleh terlalu luas dan terlalu sempit. Karena kalau terlalu luas akan sulit untuk melakukan perkawinan ikan. Sedangkan kalau terlalu sempit ikan bisa stres.

Jadi pakailah ukuran tempat yang standar misalnya ukuran 3X4 Meter atau ukuran kecil misalnya 70X40 cm (sesuai dengan kebutuhan anda/lokasi). Pastikan memakai sirkulasi air yang sesuai dengan ukuran aquarium serta dilengkapi dengan heater pada aquarium. 

2.Pemilihan Induk
Setelah menyiapkan tempat pililah jenis ikan Lou Han apa yang anda akan pelihara karena Ikan lou han memiliki banyak jenis. Jadi saya sarankan agar memelihara ikan hanya satu jenis jangan dicampur karena itu akan saling mempengaruhi.

Setelah memilih jenis ikan Lou Han apa yang akan budidaya. Kita masuk ke cara memilih induk yang baik/ bagus. Yakni bisa dilakukan dengan memperhatikan kecerahan kulit, misalnya induk ikan Lou Han yang baik memiliki warna sisik yang contras (cerah), Badan pendek dan kekar, memiliki kepala yang Jenong, tidak memiliki bercak-bercak putih atau jamur yang menempel pada tubuhnya, serta memiliki ciri agresif dan sudah terbiasa dengan manusia, ini dilakukan untuk menghindari dari Ikan Louhan yang stress.

3 Perkawinan
Setelah memiliki induk yang baik akan selanjutnya dikawinkan alias penjodohan. Namun ikan Loun Han biasanya berkelahi dengan jantanya bila tidak suka. Jadi anda harus menyiapkan dahulu dua tempat alias dikasih pembatas yang trasparan. Setelah itu lepaskan keduanya di masing masing tempat dan amati jika mereka saling berkelahi maka jangan disamakan dulu tetapi jika keduanya sudah tidak saling melawan meski beda tempat, baru anda keluarkan pembatasnya karena itu berarti ikan sudah siap kawin.

1-2 hari kemudian, dasar akuarium akan dipenuhi oleh telur ikan. Telur yang memiliki warna putih susu merupakan telur yang gagal dibuahi. Sedangkan, telur yang memiliki warna bening dan terdapat bintik-bintik spot hitam merupakan telur yang berhasil dibuahi. Kedua induk akan berusaha menjaga telurnya dengan cara mengipas-ngipasi telurnya dengan sirip dengan tujuan memberikan sirkulasi udara pada telur. 

Budidaya Ikan Lou Han
Pada tahap ini, biasanya orang membiarakan kedua ikan tetap di dalam satu akuarium berserta telurnya. Namun, alangka baiknya jika dipindahkan induknya karena bisanya kalau kalau si induk lagi lapar maka dia akan makan sendiri telurnya.

Sekitar 48 jam kedepan semua telur akan menetas jadi anda tidak usah diganggu hingga 5 hari kedepan agar larvanya  tidak mati. 

4 Pemberian Makan
Setelah berumur 5 hari maka saatnya memberi pakan (makanan) yang berupa kuning telur yang sudah kita rebus dan kita remas-remas dahulu baru kemudian ditaburkan ke dalam akuarium sampai tahap ini anda sudah bisa dikatakan berhasil ber ternak louhan selanjutnya adalah hanya tinggal perawatan dan pembesaran anakan louhan.

5. Penyortiran
Setelah benih berumur 20 hari dilakukan peyortiran ukuran ikan. Penyortiran ini bertujuan untuk memili ikan yang baik, besar kecil, corak warna, dan kualitasnya. Setelah disortir kemudian dipelihar sesuai kebutuhan anda.

6. Pemeliharan
Tahap selanjutnya yakni pemeliharaan, ikan yang telah disortir tadi kemudian dipelihara dengan memberi makanan yang sesuai dengan kebutuhanya, misalnya memberi makan berupa pelet dan cacing, dan untuk jangkrik 1 minggu sekali, udang 2-3 hari sekali. Pemberian makan ini dilakukan terus menerus hingga ikan besar. Atau pada umur 2 bulan juga anda bisa melakukan penyortiran ulang jika diperlukan. Hal ini bertujuan untuk membedakan grade-nya misalnya grade A-C.

Nah demikian cara budidaya Ikan Lou Han. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Budidaya Ikan Lou Han"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel