-->

28 Daftar Ikan Hias Terbaik dan Indah

Daftar Ikan Hias Terbaik dan Indah
IKAN HIAS POPULER-- Ikan hias adalah jenis ikan baik yang berhabitat di air tawar maupun di laut yang dipelihara bukan untuk konsumsi melainkan untuk memperindah taman/ruang tamu. Panorama bawah laut seringkali dinilai mempesona sehingga banyak orang yang rela menghabiskan uang banyak untuk menyelam dan menikmatinya. Kehadiran ikan hias di dalam rumah masyarakat modern dapat menjadi salah satu alternatif hiburan di tengah rutinitas yang padat. Baca juga jenis tanaman hidroponik.

Ikan- ikan hias ini dipelihara untuk kesenangan, oleh karena itu bentuk, warna, ukuran, keserasian, dan kebiasaannya benar-benar harus diperhatikan. Hampir 75% pasokan ikan hias air tawar di dunia berasal dari Indonesia, dan sekurang-kurangnya 363 jenis ikan hias air tawar dari Indonesia telah diekspor ke berbagai negara di dunia.

Seperti dihimpun ZUZOZ ada beberapa ikan hias yang sangat populer di Indonesia. Adapaun dari ikan hias tersebut yakni:


Daftar Ikan Hias Tercantik, Terbaik, Terindah yang Paling Bagus Dipelihara
Ikan Koi Koi atau secara spesifiknya koi berasal dari bahasa Jepang yang berarti ikan karper. Lebih spesifik lagi merujuk pada nishikigoi, yang kurang lebih bermakna ikan karper yang bersulam emas atau perak.
Ikan Mas Hias Ikan mas hias adalah ikan air tawar dari familia Cyprinidae dan ordo Cypriniformes. Ikan ini adalah salah satu ikan yang pertama kali berhasil didomestikasi, dipelihara, dan dibudidayakan manusia.
Ikan Arwana Asia Arwana Asia, atau Siluk Merah adalah salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan yang panjang; sirip dubur terletak jauh di belakang badan. Arwana Asia umumnya memiliki warna keperak-perakan.
Ikan Petarung Siam Betta splendens selain sebagai cupang hias,betta splendes merupakan jenis adu terutama jenis yang lama. menurut catatan ikan ini telah dibudidayakan sejak tahun 1970.
Ikan Astronotus Astronotus adalah sebuah genus ikan dari familia Cichlidae. Ada dua spesies dalam genus ini, keduanya ditemukan di Amerika Selatan. Mereka adalah omnivora dan memakan ikan kecil, moluska, dan binatang tidak bertulang belakang.
Ikan Betta Imbelis Betta imbellis adalah sejenis cupang yang terdapat Medan Indonesia dan Malaysia yang memiliki bentuk tubuh silinder dan memiliki warna tubuh hijau tua atau biru cemelang,kepalanya berbentuk bulat panjang dan berwarna hitam legam.
Ikan Cupang Brunei Cupang brunei atau Betta macrostoma merupakan jenis ikan cupang yang berasal dari Brunei dan Serawak.
Ikan Discus Biru Discus Biru adalah spesies asli cichlid dari sungai Amazon Basin timur di mana ia menyukai perairan, bersembunyi di antara akar dan di celah-celah di batu. Spesies ini tumbuh dengan panjang 13,7 cm (5,4 in) SL.
Ikan Betta Smaragdina Betta Smaragdina adalah spesies dari genus yang berasal dari perairan Thailand timur sungai Songkhram, dan sungai Loei. Ikan ini biasanya hidup di sawah, rawa, parit pinggir jalan, sungai dan kolam.
Ikan Betta Albimarginata Betta Albimarginata berasal dari kata latin yakni albus yang berarti putih dan margo yang berarti marjin. Ikan ini berasal dari sungai Kalimantan Timur (Kaltim) provinsi, Indonesia, Kalimantan. Ikan ini berasal dari sungai Sungei Tikung, Sungei Sebuku basin'.
Ikan Betta Simplex Ikan ini berasal dari sepesies genus. Ikan ini biasanya juga disebut dengan ikan sederhana (polos). Ikan ini berasal dari Krabi, selatan (Semenanjung) Thailand
Ikan Betta Crannoides Ikan ini dikenal juga dengan nama Cupang,kepala-ular. Ikan ini adalah sejenis ikan cupang dalam grup,Albimarginata; dalam perdagangan dikenal sebagai Snakehead Betta. Ikan,ini merupakan salah satu cupang alam yang cukup populer karena warnanya,yang menarik dan keberadaannya yang mudah didapat.,

Semaraknya,cupang alam dalam percaturan cupang dunia saat ini tidak urung,mengangkat nama Betta channoides yang habitat aslinya di Sungai Mahakam,dekat Pampang Kalimantan Timur. Popularitasnya tidak kalah dengan Betta,macrostoma andalan negara Brunei Darussalam.

Nama belakang,(epitet spesifik) channoides berarti 'menyerupai Channa', yakni marga,ikan gabus (Ingg.: snakehead fish) yang bentuk kepalanya menyerupai,kepala ular. Oleh sebab itu ada yang menyebut ikan ini sebagai Snakehead,Betta.
Ikan Betta Persephone Betta Persephone adalah spesies ikan gurami endemik Malaysia di mana ia hanya dikenal dari Johor. Julukan khusus ini berasal dari dewi Yunani Persephone, ratu dari Underworld, referensi ke pewarnaan sebagian kehitaman ikan ini.
Ikan Cupang Penang Ikan ini dikenal juga dengan nama Betta,pugnax. Ikan ini berasal dari negara bagian Kedah, Terengganu, Pahang,,Penang, Perak, Selangor dan Johor. Namun paling banya k dijumpai di,Malaysia dan Singapura.
Ikan Cupang Bintik Betta picta, adalah jenis ikan laga yang,ditemukan di Deli, Medan, Sumatra Utara dan Payakumbuh, Sumatra Barat,serta terdapat juga di Malaysia. Ikan ini memiliki warna yang lumayan,menarik, sehingga menarik minat beberapa kolektor ikan Betta untuk,memelihara dan memijahkan ikan Betta picta ini.
Ikan Betta Mandor Betta mandor adalah spesies dari cupang. Betta mandor adalah ikan air,tawar yang ditemukan di rawa-rawa, sungai serta sungai di hutan,Kalimantan Indonesia. Ini tumbuh dengan panjang sekitar 5,7 cm SL.
Ikan Betta Pallifina Ikan ini diketahui berasal dari Sungai Barito basin di Kalimantan,Tengah, Indonesia. Ikan ini biasanya ditemui dipasir-pasir atau dedaunan,yang memiliki suhu 77-79 ° F (25-26 ° C), dengan pH mulai 6,6-7,4.
Ikan Betta Brownorum ikan ini berasal dari Kalimantan Barat (Kalbar) provinsi, Indonesia.,Ikan ini biasanya didup di Ph 3.0 atau 4.0 dan dapat tumbuh 5-10 cm.
Ikan Betta Rutilans Rutilans Betta adalah spesies ikan gurami endemik Indonesia. Habitatnya adalah sungai blackwater dan hutan rawa gambut dengan sedikit sinar matahari. Nama rutilans mereka adalah bahasa Latin untuk "kemerahan", "tumbuh merah", atau "menjadi merah".,Ikan ini biasanya tumbuh hingga 3,5 cm (1,4 in) TL panjang. Seperti,namanya, mereka biasanya padat merah dengan laki-laki dari spesies yang,lebih intens berwarna, tetapi beberapa jarang memiliki sisi hijau.
Ikan Betta Burdigala Betta Burdigala adalah spesies ikan gurami endemik Pulau Bangka di,Indonesia. Ini adalah penghuni rawa gambut. Spesies ini tumbuh dengan,panjang 2,5 cm (0,98 inci).
Ikan Betta Livida Betta livida adalah spesies ikan gurami endemik Malaysia, di mana ia hanya dikenal dari negara bagian Selangor. Ini adalah penghuni rawa gambut; tumbuh dengan panjang 3,6 cm (1,4 in).
Ikan Betta Chloropharynx Beta chloro faring adalah spesies ikan gurami endemik Pulau Bangka, Indonesia. Ini mendiami sampah daun di kolam di hutan sekunder. Spesies ini tumbuh dengan panjang 5,9 cm (2,3 in).
Ikan Betta Strohi Betta strohi adalah spesies ikan gurami endemik Indonesia. Spesies ini tumbuh dengan panjang 7 cm (2,8 in) TL. Ikan ini berasal dari 30 km sebelah selatan dari Sukamara (2 ° 41'S, 111 ° 13'E), Kalimantan Tengah, Kalimantan, Indonesia.
Ikan Betta Hipposideros Hipposideros Betta adalah spesies ikan gurami asli Malaysia dan,Indonesia. Ini adalah penghuni rawa blackwater. Spesies ini tumbuh,dengan panjang 7,8 cm (3,1 in).
Ikan Betta Miniopinna Betta miniopinna adalah ikan air tawar jenis cupang yang habitat asalnya,di Indonesia dan Malaysia. Di Indonesia ikan ini ditemukan di Pulau,Bintan Riau Kepulauan.
Ikan Betta Tomi Betta tomi adalah spesies ikan gurami asli Semenanjung Malaysia dimana saat ini hanya ditemukan di Johor. Ini sebelumnya juga terjadi di Singapura tetapi sejak itu telah punah di sana. Ini adalah penghuni sungai dangkal yang teduh dan memiliki banyak sampah daun dan sampah lainnya. Spesies ini tumbuh dengan panjang 7 cm (2,8 in) SL.
Ikan Betta Spilotogene Betta spilotogena adalah spesies ikan gurami endemik Indonesia di mana ia hanya dikenal dari pulau Bintan dan Singkep. Ini mendiami rawa dan sungai di dekatnya lebih memilih daerah dengan vegetasi berlimpah dan 0,5 meter (1,6 kaki) atau kurang mendalam. Spesies ini tumbuh dengan panjang 7 cm (2,8 in) SL.
Ikan Betta Chini Betta chini adalah spesies ikan gurami endemik Kalimantan pulau di mana ia hanya dikenal dari negara bagian Sabah, Malaysia. Ini mendiami perairan yang sangat dangkal (kurang dari 0,5 meter (1,6 kaki)) rawa gambut. Laki-laki dari spesies ini dapat mencapai panjang 5,1 cm (2,0 in) SL sementara betina dapat mencapai panjang 5,6 cm (2,2 in).




0 Response to "28 Daftar Ikan Hias Terbaik dan Indah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel