-->

Cara Menanam Bawang Daun Dalam Pot Atau Polybag

Cara Menanam Bawang Daun Dalam Pot Atau Polybag

Cara Menanam Bawang Daun Dalam Pot Atau Polybag

Untuk kita yang tidak memiliki Tanah untuk menanam bawang daun, kini ada solusinya yaitu menanam bawang daun didalam pot, menanam bawang daun dalam pot Bisa menghemat biaya pengeluaran dapur ibu, disamping itu bila usaha budidaya bawang daun dalam pot berkembang pesat, tak tertutup kemungkinan kita Bisa menambah penghasilan keluarga, bagaimana cara menanam bawang daun dalam pot, simak pembahasan berikut ini. Baca juga cara menanam buncis.

Untuk bagaimana cara menanam bawang daun di dalam pot ataupun polybag sebenarnya tidak jauh berbeda dengan budidaya di Tanah terbuka. Jenis benih yang ditanam dan pupuk yang diperlukan relatif sama. Hanya aja jenis media tanamnya berbeda sehingga memerlukan perlakuan Eksklusif.

Cara menanam bawang daun
Untuk cara menanam bawang daun dengan cara organik, bibit langsung ditanam. Sedangkan untuk cara non-organik bibit Bisa direndam dahulu dalam larutan fungisida sebelum ditanam. Perendaman dilakukan di dosis rendah, 30-50% dari dosis anjuran selama 10-15 menit. Fungsinya untuk menghindari Agresi Fungi di akar.

Buat lubang tanam di pot atau polybag yang telah disiapkan. Dalam lubang tanam sekitar 10 cm. Masukan bibit Flora, satu wadah untuk satu Flora. Posisi Flora tegak berdiri. setelah itu tutup dengan media tanam hingga kuat mencengkeram. Siram bibit tersebut supaya tetap lembab.

Waktu yang tepat untuk penanaman di pagi dan sore hari. Saat matahari tak terlalu terik sehingga suhu udara dan laju respirasi tak terlalu tinggi. Taruh pot atau polybag yang anda gunakan di tempat yang mendapatkan sinar dari matahari penuh.

BACA JUGA

Banyak Berbagai Pilihan Kualitas Plastik UV Greenhouse, Jangan Salah Pilih
Cara Mudah Tepat Praktis Budidaya Tanaman Obat
Cara Memilih Polybag Untuk Pembibitan & Budidaya Tanaman
Pisang Cavendish Lengkap Dengan Budidaya Dan Cara Panennya
Penyiraman dan pemupukan
Penyiraman di awal pertumbuhan sebaiknya dilakukan setiap hari. Dalam Flora hendaknya tanah atau media tanam jangan terlalu basah atau becek, air tergenang, di karenakan Bisa menyebabkan busuk akar.

Kemudian, penyiraman Dapat dilaksanakan setiap 2 sampai 3 hari sekali, atau tergantung kondisi cuaca dan keadaaan media tanam. Waktu penyiraman yang paling bagus, pagi sebelum jam 9.00 atau sore hari setelah pukul 17.00.

Dan untuk bagaimana cara menanam bawang daun organik, Berikanlah pupuk kompos atau pupuk kandang di hari minggu ke-4 sebanyak satu kepalan tangan untuk setiap wadah dan diulang di minggu ke-8. Pupuk ditabur di sekitar pangkal batang Flora.

Sedangkan untuk cara menanam bawang daun non-organik, Bisa diberikan pupuk urea atau ZA di minggu ke-3 dan minggu ke-6. Jumlah pupuk sekitar 5 gram per wadah. Pemberian pupuk sebaiknya dilarutkan dalam air, setelah itu disiramkan di media Flora.

Bisa juga dengan menambahkan pupuk daun atau pupuk organik cair apabila dibutuhkan. Pemberian pupuk disemprotkan di daun dengan cara merata atau dikocorkan ke tanah. Aplikasi pupuk Bisa diberikan mulai hari ke-10 dan diulang setiap 10 hari hingga 3-4 kali.

Pemanenan
Bawang daun Dapat dipanen ketika sudah berumur 2,5 bulan sejak bibit ditanam, 5 bulan dari biji mulai disemai. Ciri-ciri bawang daun siap panen merupakan jumlah rumpunnya mulai banyak dan sebagian daunnya sudah ada yang menguning. Panen sebaiknya dilakukan pagi atau sore hari.

Tetapi untuk keperluan harian tidak wajib menunggu hingga Flora bawang daun siap panen. Flora yang telah berumpun banyak Bisa diambil sebagian kapan aja. Dan sisanya dibiarkan tumbuh.

Di Tanah terbuka, produktivitas bawang daun Bisa menghasilkan hingga 10-40 ton/hektar. Produktivitas ini tergantung di kualitas benih, teknis budidaya dan kecocokan geografis.

Demikian cara menanam bawang daun dalam pot atau polybag, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjurnya. tanaman hidroponik.

Sumber : http://www.pertanian99.com/2017/10/12/cara-menanam-bawang-daun-dalam-pot-atau-polybag/

0 Response to "Cara Menanam Bawang Daun Dalam Pot Atau Polybag"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel