-->

MENANAM BUAH BELON



Siapa yg tak mengenal melon, nyaris seluruhnya telah sempat makan buah melon. sering penduduk menjadikan buah melon sbg buah idola. Melon adalah salah satu dari sekian tanaman buah yg termasuk juga dalam tanaman semusim yg masuk dalam family cucurbiataceae. Di negeri kita, Indonesia melon tidak jarang di cari lantaran memiliki nilai & harga yg tinggi. Dgn besar nya harga tak jarang para petani berubah buat budi daya melon maka akhirnya cukup tidak sedikit.

Tapi, kita saksikan lahan sekarang ini makin sempit saja. Sempitnya lokasi tanam tak menghentikan kita para petani buat membudidayakannya. Salah satu kiat yg mampu diperlukan buat budi daya melon ialah memanfaatkan pot. Menjadi melon di tanam bersama fasilitas pot yg di susun atau di jejer. Langkah ini yaitu langkah yg pas & pun sederhana tapi akhirnya fantastis. Menjadi bagi kamu yg serta tertarik mau membudidayakan melon mencoba system tanam dalam pot. Buat laksanakan hal itu, sekian banyak persiapkan yg mesti kita jalankan merupakan juga sebagai berikut :

Mempersiapkan Bibit Melon
Buat bibit ini kita mula-mula memerlukan benih, buat memperoleh benih melon kita mampu membeli di beragam toko pertanian yg telah tidak sedikit sekali menjualnya. Pilihlah bibit yg bermutu, seandainya kamu belum tahu mari baca kepada sektor belakang bungkus benih melon atau menanyakannya segera. Atau bisa pula dgn menyaksikan petani yang lain yg telah sukses praktek selanjutnya mampu ditanya brand apa yg mereka pakai.

Sebelum benih melon di tanam, kita lebih-lebih dulu mesti merendamnya dalam air kurang lebih sampai 12 jam. Air yg diperlukan utk merendam di campur dgn fungisida. Bila telah dirasa lumayan, benih sanggup di angkat & meniriskannya di area yg gelap. Kemudian di tinggal sampai benih beralih jadi seperti kecambah & tumbuh. Nah, terhadap waktu seperti ini setelah itu bibit di semai terhadap area yg telah di menentukan.

Mungkin Saja sohib penasaran, kenapa benih di rendam. Benih yg direndam tujuannya utk memudahkan supaya langsung tumbuh & mencetak kecambah, seterusnya kemudian kita sanggup menonton & pilih benih yg baik buat di tanam. Maka trik ini dapat difungsikan yang merupakan antisipasi & mengurangi penyakit sebab telah dicampur dgn fungisida pada awal mulanya.
Mengolah Fasilitas Tanam
Tidak Hanya benih, kita serta memperhatikan area utk menanam melon. Buat hasil yg baik sanggup memanfaatkan campuran tanah, sekam & pupuk kandang bersama perbandingan 1 : 3 : 2. Biar kebal bersama penyakit kepada perdana kali penanaman kita mampu melanjutkan furadan sejumlah 5 gr, humic acid 1 liter & NPK 20 gr saja. Kesemuanya di aduk sampai rata supaya tercampur dgn baik.
Proses Penanaman
Proses penanaman dilakukan jika benih melon telah memiliki daun 4 lembar. seputar dikala yg dibutuhkan kira kira maksimal sampai 14 hri. Tanah yg difungsikan di siram apalagi dulu. Dikala yg serasi buat menanam melon merupakan terhadap diwaktu sore hri maka terik mata hri tak demikian panas. Aspek ini dilakukan buat meminimalisir tingkat Kematian bibit melon lantaran tetap proses adaptasi di area yg baru.
Sanggahan atau Ajir
Sebab melon menjalar kita memerlukan sanggahan atau yg dinamakan pun bersama ajir. Sanggahan mesti kuat biar sanggup menahan buah melon saat telah mulai sejak gede & berbuah. Utk menciptakan ajir, sohib memerlukan bambu kurang lebih panjangnya sampai 2 meter & tancapkan kepada daerah tanaman supaya nantinya melon menjalar.
Pemangkasan buat Pilih Buah yg Baik
Setelah Itu kita serta memerlukan pemangkasan utk pilih buah yg baik. pemangkasan dilakukan jika telah agak akbar maka mampu memastikan buah mana yg dapat di besarkan.
Pemupukan yg Sesuai
Salah satu faktor yg memastikan melon berkwalitas atau tak ialah pemupukan. Pemupukan benar-benar amat sangat butuh utk di tonton biar produksi buah yg di hasilkan nantinya lebih baik & berkwalitas. Pemupukan kepada usia 5 HTS di beri urea dalam wujud larutan bersama kosentrasi 3 kg/300liter air. Pupuk ZA + NPK 17 HST & 50 HST yakni 2 kg ZA & 1 kg NPK bersama memanfaatkan fokus 3 – 4kg/200 liter air. Pupuk daun diberikan 7 HST bersama interval antara 7 – 15 hri sekali, dgn fokus larutan 1 – 2 cc/1 liter air.
Kendalikan Hama & Penyakit
Kepada biasanya penyakit atau hama yg tidak jarang menyerang buah melon yaitu lalat buah, ulat daun, aphids & tungau. Buat itu hama seperti ini butuh kita cegah supaya budi daya melon mampu sukses. Buat mengendalikan hama tersebut kita mampu di memberi insektisida sedangkan buat hama tungau kita sanggup mencegahnya bersama berikan akarisida.

Sekian Banyak penyakit yg tidak jarang menyerang & mesti di ketahui oleh para tersangka budi daya melon ialah layu bakteri, layu fusarium, gummy stem blight, embun tepung, busuk daun, phytoptora molonis, virus & cendawan tanah. Utk mengendalikan kita dapat pakai fungisida.
Waktunya Panen
Sesudah proses yg demikian lama, saatnya memanen melon. Melon boleh di panen jikalau telah lumayan, tingkat kematangan yg tepat maka rasanya serta tepat. Melon sanggup di petik kira kira usia 65-70 Hsb. Proses jalankan panen ialah dgn memakai pisau yg tajam diluar itu pula mampu memanfaatkan gunting. Caranya ialah bersama memotong tangkai buah seputar 3 centimeter dari pangkal. Mudah-mudahan tata cara buat kiat budi daya tanaman buah melon dalam pot ini sanggup berguna bagi seluruh.

0 Response to "MENANAM BUAH BELON "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel