-->

Klasifikasi Ilmiah dan Ordo Ikan Hiu Serta Mitologinya

Klasifikasi Ilmiah dan Ordo Ikan Hiu Serta Mitologinya
IKAN HIAS POPULER-- Ikan Hiu Merupakan salah satu ikan yang banyak menjadi ispirasi para pembuat film. Hal ini dikarenakan Ikan hiu merupakan salah satu ikan yang buas dan memiliki mitos yang luar biasa. Sejak tahun 1975, film-film ikan hiu mulai menjajadiki dunia perfilm. Salah satunya yakni, Jaws.

Kemudian pada tahun 1999, muncul lagi film Deep Blue Sea, selajutnya Open Water (2003), kemudian Shark Tale (2004) dan Soul Surfer (2011). Selain dari film tersebut masih banyak film lain yang memerankan tentang buasanya ikan hiu. Seiring dengan dunia perfilmman ini makin banyak juga penelitian dilakukan oleh para ahli.

Dari penelitian-penelitian tersebut ditemukan banyak jenis ordo tentang ikan hiu. Selain itu juga ditemukan beberapa klasrifikasi ilmiah tentang ikan hiu. Adapaun klasifikasi ilmiah dan ordo ikan hiu yang ditemukan para ahli adalah sebagai berikut:

Klasifikasi Ilmiah Ikan Hiu
  1. Kelas        : Chondrichthyes
  2. Upakelas    : Elasmobranchii
  3. Superordo    : Selachimorpha
  4. Kerajaan    : Animalia
  5. Filum        : Chordata
  6. Upafilum    : Vertebrata
Ordo atau Hakikat Ikan Hiu
  1. Carcharhiniformes
  2. Heterodontiformes
  3. Hexanchiformes
  4. Lamniformes
  5. Orectolobiformes
  6. Pristiophoriformes
  7. Squaliformes
  8. Squatiniformes
  9. Mitologi Ikan Hiu
Ikan Hiu memiliki banyak cerita dikalangan masyarakat. Cerita-cerita ini sangat menonjol dalam mitologi masyarakat Hawaii. Diceritakan bahwa terdapat manusia yang dapat berubah menjadi hiu sesuka hatinya. Dan sewaktu-waktu mereka memperingati masayrakat agar tidak turun kepantai pada waktu tertentu, namun justru diketawai oleh masyarakat lainya. Akibanya mereka yang tidak percaya turun ke laut dan akhirnya dimakan oleh manusia hiu yang lain.

Selain itu, Hiu juga bagi masyarakat Hawaii dipercaya sebagai penjaga samudra, yang dalam masyarakat Hawaii dikenal dengan nama Aumakua. Selain itu Hiu juga di percaya memiliki banyak Dewa Hiu. Seperti misalnya  Kua yaitu dewa hiu utama dari rakyat Ka'u, dan diyakini merupakan nenek moyang mereka. Kemudian Kuhaimoana yaitu saudara laki-laki dari Pele dan tinggal di pulau Ka'ula. Panjangnya konon 55 m dan merupakan suami dari Ka'ahupahau.

Selai itu ada juga Dewa Hiu yang lain seperti Kauhuhu yaitu raja hiu yang kejam yang hidup di sebuah gua di Kipahulu di pulau Maui. Kadang-kadang ia pindah ke gua yang lain di sisi angin bertiup dari pulau Moloka'i. Kemudian, Kaholia Kane yaitu dewa hiu dari ali'i Kalaniopu'u dan diyakini tinggal di sebuah gua di Puhi, Kaua'i.

Selanjutnya Kane'ae yaitu Dewi hiu yang berubah menjadi manusia agar dapat mengalami suka cita menari. Selanjutnya Kane'apua ialah Dewa hiu yang diyakini sebagai saudara laki-laki dari Pele dan Kamohoali'i. Kane'apua adalah dewa yang suka mempermainkan orang yang melakukan banyak tindakan kepahlawanan, termasuk menenangkan dua bukit legendaris yang konon bertabrakan sehingga menghancurkan perahu-perahu yang berusaha melewatinya.

Kemudian Dewa hiu yang lain seperti Kawelomahamahai'a  yang merupakan jelmaan dari manusia. Kemudian ada juga Keali'ikau 'o Ka'u yaitu dewa hiu yang merupakan sepupu dari Pele dan anak laki-laki dari Kua. Ia disebut pelindung rakyat Ka'u. Ia pernah mengadakan hubungan dengan seorang gadis manusia, yang melahirkan seekor hiu hijau. Selanjutnya Kane-i-kokala adalah dewa hiu yang menyelamatkan orang-orang yang karam kapalnya dengan membawa mereka ke pantai. Orang-orang yang menyembahnya tidak mau memakannya, menyentuh atau melintasi asap kokala, ikannya yang suci.

Selain itu, dalam budaya-budaya Samudra Pasifik ada juga mitologi tentang Dakuwanga yang merupakan dewa hiu yang juga merupakan pemakan jiwa-jiwa yang tersesat. Pada festifal budaya Yunani kuno khususnya pada festifal perempun orang orang dilarang untuk memakan daging hiu.

Mitologi tentang Dewa Hiu yang paling dihormati dalam masyarakat Hawaii yaitu Kamohoali'i  yaitu Dewa hiu yang paling tua dan menyukai saudara dari Pele, dan menolong serta berjalan bersamanya ke Hawaii. Ia mampu mengambil rupa manusia dan ikan. Sebuah tebing yang tinggi di kawah Kilauea dianggap sebagai salah satu tempatnya yang paling suci. Di salah satu tempat itu, ia mempunyai sebuah he'iau (kuil) yang dipersembahkan baginya di setiap potong tanah yang menjorok ke laut di pulau Moloka'i.

Sedangkan Dewi hiu yang dihormati yakni  Ka'ahupahau adalah Dewi Hiu yang dilahirkan sebagai manusia, dengan ciri khasnya karena rambutnya yang merah. Ia belakangan berubah ke dalam bentuk hiu dan diyakini melindungi rakyat yang hidup di O'ahu dari ikan-ikan hiu. Ia juga diyakini hidup dekat Pearl Harbor.

Mitos Ikan Hiu

Sedangkan mitos ikan hiu yang beredar yakni tentang prakira bahwa ikan hiu kebal terhadap penyakit. Namun setelah dilakukan penelitian ditemukan bahwa ada penyakit yang biasa menghantam ikan hiu dan pada bagian paru-paru juga terdapat parasite yang dapat mempengaruhinya.

0 Response to "Klasifikasi Ilmiah dan Ordo Ikan Hiu Serta Mitologinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel