-->

Cara Memilih Keindahan Warna dan Ukuran Akuarium Ikan Louhan yang Tepat

Cara Memilih Keindahan Warna dan Ukuran Akuarium Ikan Louhan yang Tepat
IKAN HIAS POPULER--Ikan louhan terkenal karena jidat atau Nongnongnya serta keindahanya. Sehingga banyak yang berupa untuk melakukan budidaya. Namun yang sering menjadi masalah adalah hasil budidaya tidak memuaskan. Karena jidat dan warna ikan louhan yang dipelihara tidak muncul dan warnanya tidak tepat. Maka dari itu, untuk menghindari kegagalan seperti itu maka disini saya akan membahas mengenai Cara Memilih Keindahan Warna dan Ukuran Akuarium Ikan Louhan.

Tentunya ini akan menjadi pertanyaan bagi anda kenapa Zuzoz memilih menghubungkan anda warna dan ukuran akuarium? Penjelasannya sangat singkat, karena tempat pemeliharaan sangat mempengaruhi terhadap system kehidupan ikan Louhan Baik dari perkembangan maupun warnanya. 

Cara memilih Keindahan Warna Pada Ikan Louhan
Yang pertama anda harus memperhatikan cirinya. Ikan louhan yang akan menghasilkan warna yang baik atau berkualitas adalah tampak bintik mutiara hampir di seluruh badan pada warna dasar tubuh merah cerah dan kuning cerah dan memiliki sirip dan ekor merekah melebar dan utuh. Pad a bagian kepala akan tampak nongnong proporsional dan pada bagian mata merah satu lingkaran penuh. Sirip atas bawah dan ekor seimbang. Pada bagian pangkal ekor sampai insang akan tampak bintik hitam tegas dilingkari warna perak keemasan metalik.

Selain itu ada dapat memperhatikan bentuk ikan seperti badan ikan tidak pucat. Yang baik adalah ikan yang mengkilap bila terkena cahaya. Dan yang paling perlu anda perhatikan adalah hindari ikan bersemburat kuning karena itu kelainan genetic.

Kemudian dalam memilih ikan louhan yang berkualitas adalah anda tidak boleh bercak bercak putih atau jamur yang menempel pada tubuhnya. Pilihlah Ikan Louhan yang mempunyai badan pendek dan kekar, karena Ikan Louhan yang seperti ini cenderung agresif dan mempunyai daya tarik tersendiri.

Dalam memilih ikan louhan yang baik bisa juga dilakukan dari tampilanya misalnya sisik yang warna contras (cerah) dan bukan gelap kehitaman.  Selain itu, pilihlah Ikan Louhan yang agresif dan sudah terbiasa dengan manusia, ini dilakukan untuk menghindari dari Ikan Louhan yang stress.

Ukuran Akuarium Ikan Louhan yang Tepat
Seperti kita ketahui bahwa ukuran Akuarium atau tempat pemeliharan ikan louhan sangat berpengaruh pada perkembangan dan warna ikan Louhan. Hal ini dikarenakan Ikan louhan merupakan ikan yang mudah stress. Sehingga jika Ikan Louhan tidak dapat begerak luas dalam akuarium atau tidak cocok dengan tempatnya akan membuatnya stress dan berdampak pada pudarnya warna dan perkembang biakannya.

Sehingga dalam dunia perikanan disaran untuk ukuran tepat yang baik untuk pemeliharaan ikan louhan adalah akuarium dengan panjang 4 kali dari panjang tubuhn ikan louhan. Kendati demikian ada ukuran khusus yang telah banyak digunakan oleh para pembudidaya ikan Louhan seperti misalnya:
  1. Akuarium 20x30 cm² dengan Ikan lou han kecil 5-7,5 cm atau sebesar akuarium ikan cupang.
  2. Akuarium lebih besar,40x60 cm², untuk Ikan besar, 10-15 cm
  3. Akuariumnya 80x166-180 cm² untuk ikan Lou Han berukuran 40 cm
Catatan: makanan ikan louhan juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan warna sehingga banyak yang menggunakan makan sebagai perangsang perkembangan warna pada ikan louhan. Namun yang menjadi sisi negatifnya, Louhan yang dipaksa membuat warna yang indah dengan makan dapat membuat ikan cepat mati atau stress jika berlebihan. Untuk masalah harga Ikan Louhan tergantung dari Gradenya. Misalnya Grade A biasanya memiliki harga maksimal 750rb per ekor ditandai dengan sepanjang gurat sisi dari pangkal ekor sampai tutup insang dipenuhi corak hitam. 

Biasanya ada lebih dari 6 corak. Kemudian Grade B  dapat dihargai ±150rb per ekor dengan bentuk terdapat 3 corak hitam dan untuk Grade C, biasanya dihargai ±30rb per ekor dengan corak hitam kuran dari 3 dan badan cenderung panjang.  

Demikian sekilas tentang Harga Ikan Louhan dan Cara Memilih Keindahan Warna dan Ukuran Akuarium Ikan Louhan. Semoga memberi manfaat dan sukses dalam usahanya.

0 Response to "Cara Memilih Keindahan Warna dan Ukuran Akuarium Ikan Louhan yang Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel