-->

Klasifikasi dan Jenis (Kerabat) Ikan Patin Indonesia

Klasifikasi dan Jenis (Kerabat) Ikan Patin Indonesia
IKAN HIAS POPULER--Ikan patin merupakan ikan yang responsif terhadap pemberian makanan tambahan. Pada pembudidayaan, dalam usia enam bulan ikan patin bisa mencapai kurang lebih panjang 30-40 cm. Sebagai keluarga Pangasidae, ikan ini tidak membutuhkan perairan yang mengalir untuk pembesaran tubuhnya. 

Pada perairan yang tidak mengalir dengan kandungan oksigen rendahpun dan air yang tidak terlalu dalam sudah memenuhi syarat untuk membesarkan ikan ini. Ikan patin berbadan panjang untuk ukuran ikan tawar lokal, warna silver seperti perak, punggung berwarna biru kehitaman. Kepala ikan patin relatif kecil, mulut terletak di ujung kepala agak di sebelah bawah yang di kelilingi kumis berfungsi sebagai peraba.

Jika dilihat dari klasifikasisnya ikan patin merupakan:
Alam        :  Haiwan
Filum        :  Bertulang Belakang
Kelas        :  Actiopterygii
Order        :  Siluriformes
Keluarga   :  Pangasiidae
Genus       :  Pangasius
Spesies     :  Pangasius hypophthalmus

Kerabat Ikan Patin 
Kerabat dekat ikan patin ada Indonesia umumnya memiliki ciri-ciri keluarga Pangasidae pada umumnya, yaitu bentuk badannya sedikit memipih, tidak bersisik atau sisiknya halus sekali. Mulutnya kecil dengan 2-4 pasang sungut peraba. Terdapat patil pada sirip punggung san sirip dadanya. Sirip duburnya panjang dimulai dari belakangdubur hingga sampai pangkal sirip ekor. 

Konon kerabat ikan Patin di Indonesia terdapat cukup banyak, di antaranya Pangasius polyuranodo (ikan juaro), Pangasius macronema (ikan rios, ikan riu,ikan lancang), Pangasius micronemus (wakal, riuscaring), Pangasius nasutus (pedado), Pangasius nieuwenhuisii (lawang). Dibawah ini penjelasan ringkasan tentang kerabat ikan patin sebagai berikut :

    a) Pangasius polyuranodo (ikan juaro)
    b) Pangasius macronema
    c) Pangasius micronemus
    d) Pangasius nasutus
    e) Pangasius nieuwenhuisii

1 Response to "Klasifikasi dan Jenis (Kerabat) Ikan Patin Indonesia"

  1. terimaksih infonya sangat membantu, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2nPYhzK

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel