-->

Menumbuhkan Plankton Dengan Pupuk Kandang


Pupuk kandang ialah olahan kotoran hewan, biasanya ternak, yang diberikan pada lahan pertanian untuk memperbaiki kesuburan dan struktur tanah. pupuk kandang adalah pupuk organik, sebagaimana kompos dan pupuk hijau.

Selain menjadi salah satu dari masukan dalam bercocok tanam, pupuk kandang merupakan bahan baku bagi berbagai resep pupuk organik cair.

Zat hara yang dikandung pupuk kandang tergantung dari sumber kotoran bahan bakunya. pupuk kandang ternak besar kaya akan nitrogen, dan mineral logam, seperti magnesium, kalium, dan kalsium. pupuk kandang ayam memiliki kandungan fosfor lebih tinggi. Namun demikian, manfaat utama pupuk kandang adalah mempertahankan struktur fisik tanah sehingga akar dapat tumbuh secara baik.

Pupuk kandang yang berasal dari Kotoran Hewan untuk menumbuhkan plankton pada budidaya ikan lele (baik lele sangkuriang ataupun lele jenis lainnya) lebih aman digunakan karena :
  • berasal dari bahan organik (bukan kimia)
  • tidak akan meningkatkan COD (yang menyebabkan kadar oksigen terlarut berkurang)
  • tidak meracuni ikan akibat akumulasi NH3 dan NO2
  • tidak terikat dengan lumpur didasar kolam yang dapat meningkatkan keasaman tanah

Penggunaan pupuk kandang memang terkadang akan menyebabkan tumbuhnya bakteri patogen di kolam, untuk itu 1-2 hari sebelum bibit masuk perlu dilakukan sterilisasi pada air kolam untuk membunuh virus bakteri dan jamur pada kolam.

Dan menumbuhkan bakteri positif pada kolam dengan probiotik yang disiramkan ke kolam. Untuk sterilisasi air kolam dapat menggunakan Starbio F9, sedangkan untuk mengisi bakteri positif pada air kolam dapat menggunakan bahan bahan herbal untuk meminimalkan amoniak dan bahan beracun lainnya.

Catatan:  pupuk kandang dan Kotoran hewan secara fungsi itu berbeda, pupuk kandang adalah kotoran hewan yang sudah melalui proses fermentasi terlebih dahulu (bakteri patogen sudah mati).

Untuk mendapatkan formula Starbio-F9 dan informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami 

Alamat :
Ds Mlaten Rt 08 Rw 02 Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah
59583

Rute Dari Demak Kota :
Dari Demak kota ke timur arah kudus, sampai di pertigaan trengguli (Jalan alternatif ke Jepara) belok kiri atau menuju arah jepara. sampai di pertigaan warung pojok bakung sebelum SMA N 1 Mijen ke barat. Setelah sampai di desa Mlaten silahkan hubungi kami.

Telp / Hp :
081 391 850 791 (Only SMS)

PIN BB : 
7DFE45C8

0 Response to "Menumbuhkan Plankton Dengan Pupuk Kandang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel