-->

Habitat dan Kebiasaan Hidup Ikan Patin

Habitat dan Kebiasaan Hidup Ikan Patin
ZUZOZ-- Pangasius Sutchi atau lebih dikenal dengan nama Ikan Patin merupakan ikan tawar yang paling banyak hidup di negeri Malaysia. Ikan patin biasanya hidup di sungai-sungai yang besar. Iakn patin sangat populer dan dicarai orang karena memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan.

Jika dilihat dari kandungannya ikan fatin memiliki gizi lemak tak jenuh (USFA sebesar 50 %) sangatlah bagus untuk mencegah terjadinya resiko penyakit Kardiovaskular. Lemak tak jenuh juga bermanfaat untuk menurunkan besarnya kadar kolesterol total dan kolesterol LDL yang terkandung di dalam darah sehingga dapat mencegah dan mengurangi terkena penyakit jantung koroner. Jika di lihat dari rendahnya kadar kolesterol yang terkandung dalam daging ikan patin ( 21-39mg/100 gram), maka manfaat ikan patin sangatlah bagus bagi anda yang sedang menjalankan program diet karena bisa mengurangi asupan kolesterol harian di dalam menu makanan kamu.

Ikan Fatin dikenal memiliki manfaat dua asam lemak esensial DHA yaitu kira-kira sebesar 4,74 % dan EPA yaitu kira-kira sebesar 0,31 %. Kedua asam ini diyakini sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia terutama bagi yang gendut karena bisa mengurangi kelebihan lemak.

Ikan Fatin juga biasa ditemui di danau-danau. Dilihat dari bentuk mulut ikan patin yang letaknya sedikit agak ke bawah, maka ikan patin termasuk ikan yang hidup di dasar perairan. Ikan patin sangat terkenal dan digemari oleh masyarakat karena daging ikan patin sangat gurih dan lezat untuk dikonsumsi (Susanto Heru dan Khairul Amri, 1996).

Patin dikenal sebagai hewan yang bersifat nokturnal, yakni melakukan aktivitas atau yang aktif pada malam hari. Ikan ini suka bersembunyi di liang-liang 7 tepi sungai. Benih patin di alam biasanya bergerombol dan sesekali muncul di permukaan air untuk menghirup oksigen langsung dari udara pada menjelang fajar.

Untuk budidaya ikan patin, media atau lingkungan yang dibutuhkan tidaklah rumit, karena patin termasuk golongan ikan yang mampu bertahan pada lingkungan perairan yang jelek. Walaupun patin dikenal ikan yang mampu hidup pada lingkungan perairan yang jelek, namun ikan ini lebih menyukai perairan dengan kondisi perairan baik (Kordi, 2005). 

Kelangsungan hidup ikan sangat dipengaruhi oleh kualitas air. Karena air sebagai media tumbuh sehingga harus memenuhi syarat dan harus diperhatikan kualitas airnya, seperti: suhu, kandungan oksigen terlarut (DO) dan keasaman (pH). Air yang digunakan dapat membuat ikan melangsungkan hidupnya (Effendi, 2003).  Menurut Kordi (2005), Air yang digunakan untuk pemeliharaan ikan patin harus memenuhi kebutuhan optimal ikan. Air yang digunakan kualitasnya harus baik. Ada beberapa faktor yang dijadikan parameter dalam menilai kualitas suatu perairan, sebagai berikut:

1. Oksigen (O2) terlarut antara 3 – 7 ppm, optimal 5 – 6 ppm.
2. Suhu 25 – 33 0C.
3. pH air 6,5 – 9,0 ; optimal 7 – 8,5.
4. Karbondioksida (CO2) tidak lebih dari 10 ppm 
5. Amonia (NH3) dan asam belerang (H2S) tidak lebih dari 0,1 ppm.
6. Kesadahan 3 – 8 dGH (degress of German total Hardness)

1 Response to "Habitat dan Kebiasaan Hidup Ikan Patin"

  1. CV Bahagia Sukses Makmur adalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dan sewa Tenda Roder / Hanggar. Kami memproduksi tenda dengan ukuran standard ataupun custom untuk berbagai macam event dan keperluan.

    Tim dengan skill yang profesional sehingga hasil kerja efektif dan efesien.

    Tenda jenis ini sering digunakan untuk kegiatan dengan skala yang besar, karena mampu mangakomodasi kebutuhan dan kenyamanan didalamnya. Tenda ini juga memiliki ketahan dan kekuatan yang sama dengan bangunan permanen.


    Tenda Roder Putih dan Tenda Transparan

    Tenda Roder Putih
    Salah satu yang cukup sering digunakan adalah tenda roder dengan penutup PVC putih, Jenis tenda ini menjadi pilihan bagi anda yang ingin mengadakan acara yang bersifat komersil atau lebih privasi.
    Selain untuk event sendiri tenda ini juga sering digunakan sebagai tenda rumah sakit, tenda covid, tenda posko kemanan ataupun darurat.

    Tenda Transparan
    Tenda jenis ini memiliki kesan yang lebih arkistik dan elegan, sangat cocok untuk anda yang memimginkan tampilan cantik pada saat acara dilangsungkan.
    Pada umumnya tenda ini sering digunakan untuk acara event, wedding (pernikahan), party, bazar, pameran, DLL.

    Spesifikasi Dan Keunggulan Tenda Roder
    Beberapa keunggulan nya yaitu :

    - Fleksibel
    - Fleksibel dalam desain dan mudah modifikasi struktur sesuai dengan kebutuhan anda.
    - - Low Maintance
    Biaya perawatan yang kecil karena menggunakan rangka alumunium yang tahan terhadap karat.
    - Tidak Memerlukan IMB (ijin mendirikan bangunan)

    Spesifikasi Tenda Roder

    1. Menggunakan PVC 850 blackout untuk dinding dan atap nya
    2. Blackouk sendiri tahan terhadap sinar UV matahari, Sehingga saat berada didalam tenda anda akan merasa nyaman.
    2. Memiliki Ukuran yang besar
    Kami memiliki beberapa ukuran bentangan yaotu 10 m, 15m dan 20 m dengan panjang kebelakang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.
    3. Cocok digunakan untuk segala jenis acara


    Telp/WA 081112520824 ATAU 081807000899 RAHMA
    Atau bisa kunjungi blog kami di : https://tendagudangbogor.blogspot.com/


    Office: Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci Tangerang.
    SENIN - SABTU / 08.00 - 17.00

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel